5 Sunnah Di Bulan Puasa

5 Sunnah Di Bulan Puasa

Disunnahkan bagi siapa saja yang dihina oleh seseorang ketika ia berpuasa untuk menghadapinya dengan balasan perkataan yang baik dengan berkata “Ya Allah, saya sedang berpuasa),sebagaimana telah diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah ra. Bahwasannya Rosulullah SAW.bersabda “Puasa itu perisai, maka janganlah berkata buruk dan jangan berbuat bodoh. Dan seandainya ada seseorang yang memerangi atu membunuhnya, maka hendaklah ia berkata ,’Sesungguhnya aku sedang Puasa,’ sebanyak dua kali. Dan demi dzat yang jiwaku berada ditangannya, sungguh bau mulut orang yang berpuasa adalah lebih baik di sisi Allah Ta’ala daripada harum minyak kasturi. Dia meninggalkan makanannya, minumnannya demi niat puasa dan aku yang akan memberikan pahala atasnya dengan sepuluh kali lipat.”

Disunahkan makan sahur

  • Rosulullah SAW bersabda. “sahurlah kamu semua, sesungguhnya di dalam sahur ada keberkahan.”(HR.Bukhari dan Muslim)
  • “Sahur adalah berkah.karenanya, janganlah kalian meninggalkannya meski hanya dengan meminum seteguk air. Sesungguhnya para malaikat-Nya bershalawat atas orang-orang yang sahur.”malaikat-Nya bershalawat atas orang-orang yang sahur.”(HR.Ibnu Majah)
  • “Kelebihan puasa kami dan puasa ahli kitab adalah adanya makan sahur.”(HR.Muslim)

Disunnahkan untuk mengakhirkan makan sahur

  • Dari Annas ra. “Kami sahur dengan Rosulullah SAW kemudian beliau bangun untuk mengerjakan shalat. Aku berkata,’ berapa (waktunya )kala itu di antara adzan dan sahur? Beliau berkata 50 ayat.”(HR.Bukhari)

Disunnahkan untuk segera berbuka puasa

  • Rosulullah SAW.bersabda ,” Ummatku akan selalu dalam kebaikan tatkala menyegerakan untuk berbuka puasa.”(HR.Bukhari-Muslim)
  • “Apabila malam telah datang, siang telah berlalu dan matahari telah terbenam maka orang yang berpuasa akan segera berbuka.”(HR.Muttafaqun’Alaih)
  • Dari Abu Hurairah ra, Rosulullah SAW. Bersabda,”Agama ini akan terus jaya selama menyegerakan buka, karena orang Yahudi dan Nashara mengakhirkannya.”(HR.Abu Dawud, Ibnu Hibban)

Disunnahkan untuk berbuka dengan Kurma

  • “Apabila salah seorang di antara kalian berbuka, maka hendaklah ia berbuka dengan kurma. Jika tidak ada hendaklah ia berbuka dengan air. Karena sesungguhnya air itu suci.”(HR.Abu Dawud dan Tirmidzi)

Disunnahkan Berdo’a ketika berbuka

  • “Bagi orang yang berpuasa ketika ia berbuka, do’anya tidak ditolak”(HR.Ibnu Majah)
  • Do’a yang paling utama diajarkan oleh Rosulullah SAW. Dan beliau sering berdo’a ketika berbuka, redaksi do’a itu sebagai berikut:

Disunnahkan

“Dzahabat dzoma-u wabtallatil ‘uuruqu wa tsabatal ajru insya Allah”
  • Artinya: “telah hilang dahagaku, telah basah urat-uratku, dan telah tetap pahala Insya Allah.”(HR.Abu Dawud, AlBaihaqi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s