Puasa Ramadhan Dalam Al-Qur’an, As-Sunnah dan Ijma’ Para Ulama.

Puasa Ramadhan Dalam Al-Qur’an, As-Sunnah dan Ijma’ Para Ulama.

Dalam bahasa arab disebut Assyiam, Asshoum, atau puasa yang berarti menahan makan, minum, dan hubungan seksual suami istri disiang hari, serta dari hal-hal lain yang membatalkan puasa, dari terbit fajar hingga terbenam matahari.
Kewajiban Puasa Ramadhan

Puasa Ramadhan Dalam Al-Qur’an, As-Sunnah,dan Ijma’ para Ulama.

  • Allah SWT berfirman:” Beberapa hari yang ditentukan itu ialah bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan –penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda antara yang hak dan yang batil. Karena itu, barang siapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) dibulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka wajiblah baginya berpuasa, sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu supaya kamu bersyukur.” (QS. Al-Baqarah[2]: 185)
  • Bersabda Rosulullah SAW.“Islam dibangun atas lima perkar; kesaksian bahwa tidak ada tuhan melainkan Allah dan bahwasannya Muhammad adalah Rosulullah, mendirikan shalat, membayar zakat,berhaji ke Baitullah, dan puasa Ramadhan.”(HR.Bukhari-Muslim)
  • Rasulullah SAW. Juga bersabda,“Tali Islam dan kaidah agama adalah tiga, sedang Islam dibangun di atas ketiganya. Barangsiapa meninggalkan salah satu dari ketiganya, ia Kafir dan darahnya halal. (ketiga tali Islam, dan akidah agama tersebut) adalah kesaksian bahwa tiada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah SWT., mendirikan shalat wajib, dan puasa Ramadhan.”(HR.Abu Ya’la)
  • Menurut Jumhur ulama bahwa puasa Ramadhan wajib dilakukan bagi orang-orang yang menetap di suatu tempat dan dalam keadaan sehat, dewasa, berakal (sehat ingatan) baik laki-laki maupun perempuan. Anak-anak tidak waib berpuasa sampai masa akil baligh dan secara fisik matang dan mampu melaksanakannya. Pada laki-laki biasanya ditandai dengan mimpi basah(keluarnya air mani). Pada perempuan, ditandai dengan mengalami menstruasi. Akan tetapi untuk melatih anak-anak baik dilakukan dengan menyesuaikan kemampuan mereka.Orang tua yang sudah tidak kuat lagi untuk berpuasa boleh menggantinya dengan memberi makan orang miskin setiap hari sesuai dengan hadits dari Ibnu Abbas ra. berkata: “Orang tua lanjut usia diberi keringanan untuk tidak berpuasa dan memberi makan setiap hari untuk seorang miskin, dan tidak ada qodlo baginya. (HR. Daruquthni dan Hakim)
  • Perempuan yang sedang haid dilarang berpuasa. Orang sakit tidak wajib berpuasa apalagi jika sakitnya dapat membahayakan diri jika ia tetap berpuasa. Namun wajib mengganti dengan memberi makan orang miskin sebanyak hari yang ditinnggalkan selama Ramadhan, atau mengganti puasa pada hari lain apabila ia telah sembuh dan sehat untuk melakukan puasa. Seperti halnya orang yang sedang dalam perjalanan atau bepergian maka ia bisa mengganti puasanya pada hari lain jika memang puasanya dapat mendatangkan kesengsaraan atau kesulitan.

Secara garis besar rukun puasa ada tiga hal:

  1. Masuknya bulan Ramadhan dengan Rukyah atau keputusan pemimpin Islam
  2. Imsak(menahan) dari makan, minum dan hubungan seksual dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari.
  3. Niat, waktunya sebelum terbit fajar. Niat dengan hatinya untuk berpuasa pada hari itu dengan mengharap ridho Allah SWT. hal ini berdasarkan hadist Rosulullah SAW. Yang menyatakan:”Barang siapa yang tidak menginapkan niat puasanya di malam hari,maka ia tidak dikatakan berpuasa(tidak sah puasanya),” diperbolehkan niat sekali untuk puasa satu bulan tanpa harus memperbaharui setiap malam, menurut sebagaian mahdzab.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s