5 Keutamaan Ramadhan

5 Keutamaan Ramadhan

  1. Bulan Bertebaran Amal Shaleh. Dalam bulan ini semua jenis pahala kebaikan (amal shaleh) akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT. Sehingga seorang muslim sebaiknya benar-benar memanfaatkan bulan ini untuk mengumpulkan bekal sebanyak-banyak ibaratnya ia menjadi pedagang yakni pedagang akhirat dengan mencari keuntungan yang berlipatganda karena memang Allah SWT akan membeli barang dagangan seseorang (amal shaleh ) dengan harga yang bukan hanya dengan harga sama atau dua kali lipatnya tapi sampai tujuh ratus kali lipat. Rosulullah SAW. Bersabda “ setiap amalan anak adam dilipatgandakan pahalanya sepuluh hingga tuju ratus kali. Allah SWT berfirman:”kecuali shaum, karena shaum adalah untuk-Ku. Akulah yang akan membalasnya, karena orang yang shaum meninggalkan hasrat seksualnya serta makam dan minum demi mencari keridhaan-Ku….”(HR. Bhukhori dan Muslim). Rosulullah SAW. Bersabda. “Barangsiapa memberi sesuatu untuk berbuka puasa bagi orang yang berpuasa dengan makanan ataupun minuman dari yang halal, maka para malaikat mendoa’akannya pada waktu-waktu bulan itu, demikian juga jibril mendoa’akannya di malam lailatul qadr.”(H.R. Thabrani). Rosulullah SAW. Bersabda. ” Barangsiapa yang memberikan makanan berbuka puasa pada orang yang berpuasa maka baginya pahala orang yang berpuasa itu tanpa dikurangi dari pahalanya itu sedikit pun.”(H.R. Ahmad dan An-Nasai). Rosulullah SAW. Bersabda kepada Ibnu Abid Ad-dunya ” andai kata manusia itu tahu kebaikan-kebaikan yang ada di bulan Ramadhan, mereka tentu menginginkan bulan ini terjadi sepanjang tahun.”
  2. Bulan Maghfirah. Rosulullah SAW. Bersabda ……” Bulan Ramadhan permulaanya adalah rahmat, pertengahannya adalah ampunan, penghabisannya adalah pembebasan api neraka….”(khutbah rosulullah SAW). “ Barangsiapa yang berpuasa ramadhan dengan keimanan dan pengharapan maka diampuni dosa-dosanya yang telah lampau.”(H.R. Bukhari- Muslim). “Barang siapa melakukan qiyamul lail pada bulan ramadhan dengan keimanan dan pengharapan, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lampau.”. Rosulullah SAW.bersabda” Shalat lima waktu, shalat jum’at hingga jum’at berikutnya, Ramadhan ke ramadhan adalah penghapus (dosa) antara keduanya selama engkau menjauhi dosa-dosa besar.”(H.R. Muslim). “ Dan aku melihat salah seorang dari ummatku terengah-engah kehausan setiap kali ia tiba di kolam air, ia dilarang meminumnya, kemudian puasa ramadhan datang padanya, memberinya air minum, dan membuatnya tidak kehausan lagi.”(H.R.Thabrani). “Setiap ramadhan datang, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan syaitan-syaitan dibelenggu.”(H.R. Muttafaqqun’alaih).
  3. Bulan Turunnya Al-Qur’anul Karim dan Lailatul Qadr. “Bulan ramadhan, bulan yang didalamnya diturunkan Al-qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan batil.”(Q.S Albaqarah[2]:185. Al-Qur’an merupakan petunjuk bagi manusia ibaratnya ketika seseorang membeli mobil baru maka akan diberi buku petunjuk penggunaanya ketika orang tersebut menggunakan petunjuk yang ada maka semakin baik di dalam penggunakan mobil baru itu dan tidak akan menimbulkan kerusakan atau terjadi yang tidak diinginkan sama halnya dengan Al-Qur’an ini ketika seluruh ummat islam ini benar-benar menggunakan petunjuk yang ada berupa Al-Qur’an untuk seluruh aspek kehidupan maka akan memperoleh kehidupan yang baik dan hidupnya penuh dengan kebahagiaan apalagi Al-Qur’an itu bukan petunjuk biasa seperti buatan manusia akan tetapi sang pembuat adalah Allah SWT. Sang Maha Penguasa dan Maha pengatur alam raya ini. Pada bulan ramadhan ini pula terdapat satu malam yang sangat utama yaitu malam laitul qadr. Rosulullah dan para sahabat sangat menantikan kedatangan malam ini sehingga rosulullah SAW. Dalam menyambut bulan ramadhan itu dua bulan sebelum datang ramadhan secara khusus berdo’a supaya bisa dipertemukan dengan ramadhan. Rosulullah SAW. Bersabda “Bulan ini telah datang kepadamu di dalamnya terdapat satu malam yan lebih baik ketimbang seribu bulan. Barang siapa yang mengabaikannya, maka ia terabaikan dari segala kebaikan. Tidak ada yang mengabaikannya kecuali orang yang diabaikan.”(H.R Ibnu Majah) “Sesungguhnya (Al-Qur’an) diturunkan pada malam Al-Qadr. Dan tahukan kamu apakah Al-Qadr itu? Malam Al-Qadr itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Robb-Nya untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh kesejahteraan sampai terbit fajar.”(QS.Al-Qadr:1-5)
  4. Bulan saat do’a diijabah. Rosulullah SAW. Bersabda” sesungguhnya bagi orang yang shaum tatkala berbuka itu benar-benar ada do’a yang tidak akan ditolak.”(HR Ibnu Majah). “Tiga orang yang doa mereka tidak akan tertolak; orang yang shaum tatkala (hingga berbuka), pemimpin yang adil, dan do’a orang yang didzolimi; do’a mereka diangkat Allah ke atas awan serta dibukakan baginya pinti-pintu langit. Rabb berfirman:”Demi kemuliaan dan keagungan-ku, aku benar-benar akan menolongmu sekalipun telah sekian saat.” (H.R Ahmad,Tirmidzi, dan Ibnu Majah).
  5. Bulan kemenangan Ummat Islam. Hampir seluruh peperangan ummat Islam dengan kaum kafir saat itu dimenangkan pada bulan Ramadhan seperti Fath Al-Makkah, ditaklukannya kota Makkah oleh tentara muslim dan dimusnaknnya berhala-berhala yang ada dikota itu yang terjadi pada tanggal 10 Ramadhan tahun 8 Hijriyah, Perang badar Kubro yang diabadikan dalam Al-Qur’an yang terjadi pada tanggal 17 Ramadhan tahun 2 hijriyah terbunuhnya raja kebatilan saat itu yakni Abu Jahal. Perang Tabuk terjadi pada bulan Ramadhan pada tahun 9 Hijriyah, penaklukan Andalus (spanyol sekarang) dibawah pimpinan Thariq bin Ziyad terjadi pada tanggal 28 Ramadhan tahun 92 Hijriyah. Kisah-kisah di atas hanya beberapa saja dari itu memberikan bukti bahwa pada bulan Ramadhan bukanlah bulan untuk bermalas-malasan akan tetapi menjadikan bulan ini untuk mengukir prestasi yang terbaik untuk dunia dan akhirat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s