Salat Ashar, Keutamaan dan Tatacaranya

wp-1465701884313.jpg

Asar atau salat Asar adalah salah satu salat wajib dari salat lima waktu yang dilakukan setelah panjang banyangan suatu benda sama dengan tinggi benda tersebut sampai menjelang matahari terbenam. Salat ini terdiri dari 4 rakaat. Salat Asar ialah salat harian ke-3 dalam Islam, dilakukan setelah panjang banyangan suatu benda sama dengan tinggi benda tersebut sampai menjelang matahari terbenam.

Shalat Wajib Ashar ini mempunyai banyak sekali manfaat dan keutamaannya, salah satunya ialah mendapatkan pahala yg begitu besar jika anda mengerjakan-nyaa. Hukum Mengerjakan Shalat Ashar sudah saangat jelas Wajib atau Fardhu Ain dan Hukum Shalat Ashar tersebut mempunyai penjelasan yaitu diwajibkan atas semua umat muslim baik Laki – Laki dan Perempuan yg sudah Baligh ataupun Cukup Umur untuk mengerjakan Shalat Wajib Ashar.

Keutamaan

  • Keutamaan dan Keistimewaan Shalat Ashar sendiri antara lain akan mendapaatkan pahala yg begitu besar dan akan dimasukanya kedalam surga seperti Sabda Nabi Muhammad Saw yg membahas Keutamaan Sholat Ashar yg berbunyii, ” Barang siapa yg mengerjakan atau melaksanakaan Shalat Subuh dan Shalat Asar maka dia akan dimasukkan ke dlm Surga (HR. Bukhari, Ayat : 574)”.
  • Barang siapa yg meniinggalkan Shalat Asyar maka terhapuslah amalan-nya (HR. Bukhari, Ayat : 594)”.
  • Kedudukan sholat ashar di dalam al-quran Dari sini saja jelaslah bahwa solat asar memiliki kedudukan yang khusus yang disebutkan dalam al Quran. Dijelaskan juga dalam Hadits: Imam Ahmad meriwayatkan dari Ali, ia  berkata bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda pada peristiwa Ahzab: “mereka (orang-orang kafir)  yang telah menyibukkan kami dari solat wustha, yaitu sholat asar. Semoga Allah memenuhi hati dan rumah mereka dengan api.” Kemudian beliau mengerjakannya diantara Mahrib dan Isya’.” Dari hadits di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa shalat wustha adalah solat asar. Dan barang siapa yang menghalangi untuk melaksanakan shalat wustho, maka sebagaimana do’a Nabi Muhammad, hati dan rumah mereka akan dipenuhi dengan api. Yang menghalangi saja akan dipenuhi hatinya dengan api, apalagi yang tidak mengerjakannya. Dosanya akan berlipat karena meninggalkan shalat fardhu yang apabila meninggalkannya akan berdosa besar, sekaligus mememnuhi hatinya sendiri dengan api karena malas.
  • Riwayat mengenai sholat ashar dari Az-Zuhri Tidak hanya sampai situ saja, Az Zuhri meriwayatkan, dari Salim, dari ayahnya, bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda: “Barangsiapa meninggalkan shalat Asar, maka seakan-akan ia telah dirampas keluarga dan hartanya.” Hadits ini mengingatkan kembali betapa utamanya solat asar harus dikerjakan. Jika kita tidak mengerjakan solat asar, maka hal itu seolah-olah kita telah kehilangan hal paling penting di dunia ini (diibaratkan dengan keluarga dan harta). Seolah-olah hadits ini menegaskan bahwa solat asar adalah kebahagiaan, jika kita kehilangan kebahagiaan itu, maka seolah kita hidup dalam mati.
  • Riwayat mengenai sholat ashar dari Buraidah bin al Hashib Ada lagi hadist dari Buraidah bin al Hashib, dari Nabi Muhammad SAW bersabda: “segerakan shalat Asar pada hari yang penuh mendung, karena barangsiapa meningalkan shalat ashar, maka terhapuslah semua amalannya.” Dari hadits ini jelaslah bahwa shalat asar merupakan solat yang diutamakan untuk mengerjakannya. Jika meninggalkannya semua amalan kita akan terhapus. Maksudnya semua amalan baik yang telah kita kerjakan baik sengaja maupun tidak dan telah dicatat oleh malaikat akan terhapus. Betapa ruginya jika kita meninggalkan shalat ashar.
  • Riwayat mengenai sholat ashar dari Abu Nadrah Ak Ghifari  Tidak hanya itu, Imam Ahmad meriwayatkan dari Abu Nadrah Al Ghifari, ia menceritakan bahwa Rasulullah SAW pernah mengerjakan shalat ashar bersama kami di salah satu lembah yang bernama al Hamish, kemudian beliau bersabda: “sesungguhnya shalat ini pernah ditawarkan kepada orang-orang sebelum kalian, nemun mereka menyia-nyiakannya. Ketahuilah bahwa barangsiapa mengerjakannya, maka akan dilipatgandakan pahalanya dua kali lipat. Dan ketahuilah, tidak ada salat setelahnya hingga kalian melihat saksi.(matahari tenggelam dan malam mulai gelap.)” Kemudian Rasulluhllah juga bersabda:“tidak akan masuk neraka seorangpun yang mengerjakan solat sebelum matahari terbit (subuh), dan sebelum matahari terbenam (asar).” Dari beberapa hadits diatas dapat disimpulkan bahwa solat asar memiliki beberapa keutamaan. Yaitu:
    1. Api akan memenuhi hati dan rumah orang-orang yang menghalangi pelaksanaan solat asar.
    2. Jika tidak melaksanakan solat asar, maka mereka seolah-olah telah dirampas harta dan keluarganya.
    3. Jika meninggalkan shalat asar, maka terhapuslah semua amalannya.
    4. Jika melaksanakannya, akan dilipatgandakan pahalanya.
    5. Jika melaksanakannya, tidak akan masuk neraka.

     

  • Hadits Rasul bahwa: “solat jamaah itu lebih utama dari solat sendirian dua puluh tujuh derajat.”
  • Salat berjamaah juga mempunyai hukum Fardhu Kifayah, yang mana jika telah ada yang mengerjakan salat berjamaah dalam suatu daerah, maka gugurlah kuwajiban solat berjamaah bagi yang lain. Maksudnya adalah bahwa solat berjamaah harus dilakukan oleh orang muslim. Dan keutamaannya adalah dapat menggugurkan kewajiban orang lain dalam melaksanaknnya. Subhanallah, solat jamaah adalah lebih baik dua puluh tujuh derajat. Bayangkan saja jika kita melaksanakan solat yang mana pahalanya dua kali lipat digabungkan dengan pahala solat berjamaah yang duapuluh tujuh, maka total pahala kita dalam satu kali solat adalah lima puluh empat derajat. Sangat banyak sekali.
  • Abu hurairah mengatakan, bahwa Rasuluulah bersabda: “barangsiapa yang pergi ke masjid diwaktu pagi atau diwaktu sore, maka Allah menyiapkan makanan setiap kali pergi pagi atau sore.”

Tata Cara

  • Tata Cara Mengerjakan Shalat lainnya yg diawali dg membaca Lafadz Niat Shalat Ashar dan diakhiri  Salam
  • Jumlah Raka’at Sholat Ashar ini berjumlah 4 Raka’at, namun secara keseluruhan Tata Cara Shalat Ashar

Waktu

  • Waktu Mengerjakan Shalat Ashar ini bisa dilakukan setelah masuk Waktu Shalat Ashar yaitu ketika panjang bayang2 suatu benda melebihi panjang benda itu sendiri dan diakhiri dg terbenamnya sang Matahari.
  • Waktu Sholat Ashar yg lebih mudah sendiri ialah dilakukan ketika masuk jam 03.00 soree adanya Adzan Shalat Wajib Ashar dan diakhiri saat tenggelamnya sang Matahari atau ketika masuk waktu shalat maghrib.

Salat Rawatib

  • Salat Asar memiliki salat sunah Rawatib sebanyak 4 rakaat sebelum melakukan salat Asar namun tidak terlalu dianjurkan (gairu muakkad). Tidak ada salat sunah rawatib sesudah salat Asar.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s